Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik untuk Dikunjungi

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik untuk Dikunjungi

Bali tidak hanya memiliki pantai-pantai yang menakjubkan, tetapi juga menawarkan keajaiban alam lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah air terjun. Wisata air terjun di Bali merupakan destinasi yang populer bagi para pelancong yang mencari ketenangan, keindahan alam, dan petualangan.

Nah, artikel ini akan membahas lima wisata air terjun terbaik di Bali yang patut Anda kunjungi. Yuk, langsung saja simak selengkapnya!

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik

Mengunjungi pantai-pantai yang cantik di Bali tentu sudah biasa. Jika Anda ingin mencari suasana dan petualangan baru, wisata air terjun di Bali patut untuk dicoba. Di bawah ini adalah rekomendasi beberapa air terjun terbaik yang ada di Bali.

1. Air Terjun Sekumpul

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik untuk Dikunjungi

Air Terjun Sekumpul, terletak di Lemukih, Buleleng, merupakan sebuah keajaiban alam tersembunyi yang menawarkan pemandangan luar biasa. Terdiri dari tujuh air terjun yang berkumpul dalam satu area dengan ketinggian mencapai 100 meter. Air terjun ini mempesona dengan keindahan alamnya.

Meskipun akses ke lokasi ini memerlukan perjuangan yang cukup melelahkan, termasuk berjalan kaki melalui jalan setapak yang curam sepanjang 300 meter dan menyeberangi sungai, keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Sekumpul sangatlah memuaskan.

Bagi pengunjung domestik, tiket masuknya terjangkau, hanya dengan membayar donasi Rp 2.000. Ini adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari petualangan dan ingin menikmati keindahan alam Bali yang autentik.

2. Air Terjun Banyu Warna

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik untuk Dikunjungi

Air Terjun Banyu Wana Amertha, yang terletak di Wanagiri, Buleleng, menawarkan keunikan tersendiri. Berbeda dengan Air Terjun Sekumpul yang terdiri dari tujuh air terjun, Banyu Wana Amertha menampilkan aliran air yang bertumpuk-tumpuk.

Sumber airnya berasal langsung dari hutan lindung di Wanagiri. Pemandangan ini memberikan sensasi segar dan sejuk kepada pengunjungnya. Salah satu hal yang memikat dari tempat ini adalah tekstur tebing yang dipenuhi oleh lumut merah yang menambah eksotisme keindahannya.

Meskipun terbilang sebagai destinasi yang relatif baru ditemukan, akses menuju Air Terjun Banyu Wana Amertha tidak terlalu sulit. Pengunjung dapat mencapainya dengan perjalanan sekitar 63 km dari Denpasar menuju Desa Wanagiri, kemudian berjalan melalui area parkir menuju perkebunan kopi.

Tantangan terakhir adalah menuruni beberapa ratus anak tangga. Harga tiket masuknya juga terjangkau, cukup dengan membayar Rp. 10.000 saja.

3. Air Terjun Aling-Aling

5 Wisata Air Terjun di Bali yang Terbaik untuk Dikunjungi

Air Terjun Aling Aling terletak di Sambangan, Buleleng, menawarkan pesona dengan ketinggian 35 meter dan tampak seolah terbelah menjadi dua bagian. Bagian kanan memiliki debit air yang lebih besar, menghasilkan aliran air yang lebih deras.

Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam yang dipenuhi oleh pepohonan hijau, menciptakan atmosfer yang khas bagi air terjun. Di bagian bawah tempat air jatuh, terdapat cekungan dengan kedalaman mencapai 4 meter, mirip dengan sebuah kolam. Pengunjung dapat berenang atau berendam sambil menikmati kesegaran dari Air Terjun Aling Aling.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung perlu berjalan kaki selama sekitar 10 menit dari area parkir. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik.

Di sepanjang Aling-Aling, terdapat banyak air terjun lain yang dapat dieksplorasi, seperti Air Terjun Kroya, Kembar, Cemara, Pucuk, dan Cangina. Kabar baiknya, untuk mengunjungi lokasi ini, tidak ada biaya masuk yang harus dibayar. Meskipun begitu, tersedia kotak sumbangan sukarela jika pengunjung ingin memberikan donasi.

4. Air Terjun Leke-Leke

Air Terjun Leke Leke di Baturiti, Tabanan adalah salah satu wisata favorit pengunjung karena lokasinya yang cukup dekat, medannya yang tidak sulit, dan pemandangannya yang tak kalah indah dengan air terjun lainnya.

Sebelum dikenal sebagai Air Terjun Leke-Leke, tempat ini memiliki nama Kipuan Kebo, yang berarti “Tempat minum Kerbau.”

Air Terjun Leke-Leke memiliki daya tarik khusus dengan lingkungan sekitarnya yang memukau. Pengunjung bisa merasa seperti berada di surga dengan adanya kolam kecil yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, menciptakan suasana yang sangat tenang

Selain itu, perjalanan menuju Air Terjun Leke-Leke juga cukup mudah. Tanda-tanda petunjuk sudah jelas, pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 500 meter melintasi jembatan bambu dan mengikuti jalan yang telah disediakan. Tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau, yakni hanya seharga Rp 20.000.

5. Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala di Sukasada, Buleleng, memang menjadi salah satu surga tersembunyi di Bali. Keindahan Banyumala sangat memukau, terutama karena dari lima pilihan air terjun yang tersajikan dan empat di antaranya berada di Buleleng.

Banyumala adalah air terjun yang luas, membentang sepanjang 20 meter dengan air terjun yang mengapitnya di sisi kiri dan kanan. Ini menciptakan pemandangan yang sangat memukau dengan air terjun utama yang berada di tengahnya.

Di bawah tempat air jatuh, terdapat sebuah lubang alami dengan diameter selebar 15 meter yang membentuk sebuah kolam dengan kedalaman setinggi dada orang dewasa. Kolam ini aman dan cocok untuk berenang.

Untuk mencapai Air Terjun Banyumala, pengunjung perlu berjalan kaki selama sekitar 15-30 menit, melalui jalan setapak sepanjang kurang lebih 2 km dari loket masuk, yang juga melibatkan melewati anak tangga naik turun. Tiket masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 10.000.

Wisata Air Terjun Mana yang Ingin Anda Kunjungi?

Setelah mengetahui lima air terjun terbaik di Bali, Anda mungkin bertanya-tanya tentang transportasi terbaik untuk mengunjungi semua tempat indah ini. Bali Bija Car Rental merupakan solusi tepat untuk sewa mobil di Bali.

Dengan mobil yang beragam dan terawat, Bali Bija Car Rental menawarkan solusi transportasi yang nyaman dan terjangkau. Selain itu,  Anda bisa menjelajahi keindahan Bali dengan leluasa dan nyaman dengan rental mobil. Jadi, tidak perlu khawatir dengan masalah transportasi karena Bali Bija Car Rental siap membantu perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan!

Facebook
WhatsApp