Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Lepas Kunci Artinya Apa? Ini 7 Istilah Dalam Sewa Mobil

Lepas Kunci Artinya Apa

 

Lepas kunci merupakan salah satu istilah dalam dunia rental atau sewa mobil. Lantas, lepas kunci artinya apa? Bila ingin mengetahui penjelasan lengkap tentang lepas kunci maupun istilah lain dalam penyewaan mobil, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Istilah Dalam Sewa Mobil

Ketika hendak memesan mobil di sebuah tempat penyewaan, terdapat beberapa istilah yang mungkin belum Anda pahami. Setidaknya ada 7 istilah penting yang perlu diketahui, yakni: 

1. Lepas Kunci

Apa itu lepas kunci dalam istilah rental mobil? Rental mobil lepas kunci artinya menyewa mobil tanpa adanya sopir dari tempat penyewaan. Jadi Anda bisa menyetir sendiri atau meminta bantuan saudara, teman, maupun memanggil sopir dari tempat lain.

Namun, tempat penyewaan mungkin akan memberlakukan aturan yang lebih ketat. Contohnya seperti pengecekan SIM pengemudi atau memastikan Anda mengetahui rute tempat tujuan. Hal ini dilakukan untuk memastikan mobil akan kembali dalam keadaan baik-baik saja.

2. All In

Selain arti lepas kunci rental mobil, Anda juga wajib mengenal istilah All In. Sewa mobil All In merupakan penyewaan yang sudah termasuk biaya supir dari tempat rental. Umumnya paket sudah termasuk dengan bahan bakar, parkir, konsumsi pengemudi, serta tol.

Bagi Anda yang menyukai kepraktisan, sewa jenis ini sangat direkomendasikan. Akan tetapi, tentu harga rentalnya bisa lebih mahal dari jenis lainnya.

3. Kontrak Waktu

Jangka waktu untuk menyewa transportasi dari tempat rental disebut kontrak waktu. Kontrak yang ditawarkan bisa tahunan, bulanan, atau mingguan. Instansi atau perusahaan biasanya menggunakan jangka waktu sewa tertentu untuk kebutuhan dinas perjalanan jauh.

4. Over Time dan Over Area

Kedua istilah tersebut merupakan bentuk pelanggaran terhadap syarat sewa mobil. Over Time merupakan pelanggaran dalam waktu penyewaan mobil. Pelanggar umumnya akan terkena denda sekitar 10-20 % dari total biaya sewa.

Sedangkan Over Area adalah pelanggaran batas daerah yang sudah ditentukan di awal peminjaman. Anda juga akan terkena denda apabila melakukan pelanggaran tersebut.

5. Pick and Drop 

Bila memesan sewa mobil lepas kunci, umumnya Anda akan ditawari untuk diantar kembali ke tempat asal atau tidak. Bila Anda ingin diantar kembali, maka pilih layanan pick and drop

Namun, ini berlaku untuk pulang dan pergi saja, Anda bisa saja dikenakan biaya tambahan di tengah perjalanan ingin mampir ke suatu tempat atau merubah tempat tujuan.

6. Drop Off

Berbeda dengan pick and drop, Anda tidak akan diantar kembali ke asal bila memilih layanan drop off. Pengemudi akan langsung pulang atau pergi setelah mengantar ke suatu tujuan.

7. Deposit

Uang jaminan sewa mobil yang Anda harus setorkan disebut deposit. Tujuan adanya deposit ini sebagai pegangan bahwa penyewa mematuhi peraturan yang berlaku. Semakin besar jumlah sewanya, umumnya semakin besar pula depositnya.

Tips Sewa Mobil

Setelah mengetahui lepas kunci artinya apa, Anda juga harus memahami bagaimana tips menyewa mobil. Ini dia hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum menyewa mobil:

  • Pilih tempat rental yang memiliki reputasi dan testimoni baik.
  • Pesan melalui aplikasi sewa mobil bila ingin praktis.
  • Pastikan ada jaminan memperoleh layanan darurat sewaktu-waktu, terutama bila Anda memesan sewa mobil lepas kunci atau tanpa driver.
  • Selalu periksa keadaan mobil dengan teliti sebelum menyewa mobil. Jangan sampai ada kerusakan yang mempengaruhi keselamatan Anda saat berkendara.
  • Cari tahu apakah pemilik persewaan memberikan jaminan atau asuransi yang tepat.

Demikian istilah dan tips dalam sewa mobil. Dengan ini, apakah Anda sudah memahami lepas kunci artinya apa? Intinya, pastikan Anda sudah memahami betul istilah-istilah di atas dan jangan lupa terapkan tips yang telah dijabarkan.

Facebook
WhatsApp