Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Pasar Kedonganan Jimbaran: Surga Kuliner Seafood di Bali

Pasar Kedonganan

Para pecinta seafood wajib banget mampir di pasar Kedonganan Jimbaran dan menikmati beragam hasil laut yang masih segar dengan harga ramah di kantong. Ya, pasar ikan Bali ini memang merupakan salah satu pasar ikan paling besar di pulau Dewata tersebut. Yuk, simak info menarik tentang surga kuliner seafood di Bali berikut ini.

Surganya Hasil Laut Segar

Pasar Jimbaran Bali beralamat di Jl. Pantai Kedonganan, Kuta, Badung, Bali. Di lokasi ini semua hasil tangkapan nelayan ditampung dan dipasarkan mulai dari jam 08.00 hingga jam 20.00 WITA. Umumnya nelayan mencari ikan di wilayah selat Bali, pantai selatan Jawa dan perairan di sekitar Banyuwangi..

Hasil laut yang disimpan di peti es dan dibawa ke pasar sangat beragam mulai dari cumi, kakap merah, udang, kerang, kepiting, bahkan lobster. Berikut harga rata-rata seafood Kedonganan:

  • Kerang: Rp 10 ribu/kg
  • Cumi dan udang: Rp 65 ribu/kg
  • Kakap merah: mulai dari Rp Rp 65 ribu/kg
  • Lobster: Rp 165 – 350 ribuan/kg

Kamu bisa membeli seafood tersebut lalu dibawa ke villa untuk kamu bakar sendiri bersama keluarga atau teman. Namun kamu juga bisa meminta warung yang ada di sekitar pasar untuk memasaknya. Upah masak yang ditawarkan berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram, sudah termasuk sambal. 

Jadi, kamu tinggal menyantapnya sambil menikmati suasana pantai yang syahdu di sore hari. Kamu juga membawa pulang hasil masakan tersebut untuk kamu konsumsi di Hotel di Jimbaran Bali tempat kamu menginap.

Cara ini relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di warung atau café Jimbaran ikan bakar yang mematok harga relatif tinggi.

Tips Berkunjung ke Pasar Kedonganan

Pasar Kedonganan Jimbaran merupakan pasar tradisional basah yang becek tapi relatif bersih. Jadi, pastikan kamu tidak risih dan tahan dengan bau ikan jika ingin berbelanja di sana. Gunakan kemampuanmu dalam menawar agar bisa mendapat harga miring.  

Pasar ini memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung ratusan motor, tetapi parkiran mobilnya terbatas. Jika berkendara dari bandara Ngurah Rai, Bali kamu butuh waktu sekitar setengah jam untuk menuju pasar Jimbaran ini.

Berikut beberapa tips praktis yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengunjungi lokasi ini:

1. Siapkan Uang Tunai

Pastikan kamu membawa uang tunai karena semua transaksi di pasar menggunakan pembayaran tunai

2. Pilih Waktu Sore Menjelang Sunset

Jika ingin maksimal menikmati kuliner dekat Jimbaran sambil menikmati keindahan alamnya, maka pilih waktu sore menjelang malam untuk berkunjung. Jadi, kamu bisa menikmati hidangan laut sedap sambil menyaksikan matahari terbenam.

3. Cari Kegiatan Ketika Menunggu Makanan Matang

Karena warung yang kamu pilih membutuhkan waktu untuk membakar atau memasak seafood kuliner Bali yang kamu beli, cari kegiatan untuk mengisi waktu tersebut. Berjalan-jalan di sepanjang pantai bisa jadi pilihan kegiatan terbaikmu.

4. Hindari Nongkrong Berlama-lama Di Warung

Warung di sekitar pasar Kedonganan Jimbaran umumnya menyediakan 4-5 meja untuk para tamu menyantap kuliner Jimbaran murah pesanan mereka, Usahakan untuk segera meninggalkan tempat begitu kamu selesai makan agar warung bisa melayani pelanggan berikutnya.

5. Bawa Pulang Jika Ada Makanan Berlebih

Jika kamu tidak bisa menghabiskan seluruh seafood yang kamu beli sebaiknya kamu bawa pulang lebihnya agar bisa kamu nikmati kembali nanti di tempat kamu menginap.

6. Pilih Pas Musim Ikan

Usahakan untuk mencari info kapan musim ikan di area tersebut agar kamu bisa mendapat harga murah. Hindari berkunjung pada peak season karena harganya akan melambung. Optimalkan kemampuan menawar agar bisa membeli seafood super segar dengan harga miring.

Penutup

Jadi bagaimana? Ingin menikmati seafood segar khas pasar Kedonganan Jimbaran? Pastikan kamu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik agar pengalaman menyantap Jimbaran seafood khas Bali di lokasi ini semakin berkesan. Selamat berwisata, ya!

Facebook
WhatsApp