Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan Setelah Mudik

Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan Setelah Mudik

Setelah liburan mudik yang menyenangkan, saatnya untuk kembali ke rutinitas sehari-hari. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah melakukan Perawatan Mobil Setelah Mudik. Perjalanan mudik seringkali dapat mengakibatkan peningkatan stres pada kendaraan Anda. Ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jumlah barang bawaan yang banyak, penggunaan mobil secara intensif selama perjalanan, serta kondisi jalan yang mungkin rusak akibat berbagai faktor.

Semua hal ini menjadi alasan penting mengapa Anda perlu melakukan pengecekan ulang terhadap kondisi mobil Anda setelah perjalanan tersebut. Oleh karena itu, merawat mobil pasca mudik menjadi langkah yang sangat penting.

  1. Cek Kondisi Ban
    Perjalanan jarak jauh dapat mempengaruhi tekanan udara dalam ban Anda. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara di setiap ban menggunakan alat pengukur tekanan udara yang akurat. Tekanan udara yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dan bahkan menyebabkan kecelakaan.
    Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan Setelah MudikSelain itu, periksa juga keausan tread ban mobil. Tread merupakan pola yang terdapat di permukaan ban yang berfungsi untuk memberikan traksi dan stabilitas pada kendaraan saat berkendara, terutama pada kondisi jalan basah atau berlumpur. Saat melakukan perjalanan mudik atau perjalanan jarak jauh lainnya, tread ban dapat mengalami keausan akibat gesekan dengan permukaan jalan.
  2. Ganti Oli


    Oli yang sudah tua atau terkontaminasi tidak lagi efektif dalam melumasi komponen mesin dengan baik. Akibatnya, gesekan antar komponen meningkat, yang dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat dan bahkan kerusakan pada mesin.

    Perjalanan selama mudik dapat menyebabkan kotoran dan partikel lain terakumulasi dalam sistem pelumasan mesin. Oli mobil bertindak sebagai agen pelumas yang penting untuk mengurangi gesekan antara komponen mesin. Dengan mengganti oli, Anda dapat menghilangkan kotoran dan partikel yang terakumulasi, serta memastikan bahwa mesin Anda tetap beroperasi dengan lancar.

  3. Periksa Aki Mobil
    Jika Anda salah satu orang yang terkena arus balik mudik, besar kemungkinan banyak aktivitas ‘kelistrikan’ dilakukan di mobil, seperti seperti sering menyalakan lampu, AC non stop belasan jam, menonton tv dalam mobil, charge handphone, dan lainnya. Hal ini dapat menyebabkan aki mobil bekerja lebih keras, yang berpengaruh pada kinerja aki mobil. Banyaknya aktivitas kelistrikan selama perjalanan menyebabkan aki perlu diisi ulang atau bahkan diganti.
    Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan Setelah MudikAki mobil yang lemah atau rusak dapat menyebabkan masalah kelistrikan yang mengganggu, seperti kesulitan saat menyalakan mesin, lampu yang redup, atau sistem hiburan yang tidak berfungsi dengan baik.

  4. Perhatikan Radiator


    Salah satu komponen yang perlu diperiksa dengan cermat adalah radiator mobil. Meskipun mungkin terlihat sepele, radiator memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah overheating.

    Selang dan pipa yang terhubung dengan radiator perlu diperiksa dengan teliti. Pastikan tidak ada kebocoran atau retakan yang dapat mengganggu aliran cairan pendingin. Kebocoran pada sistem pendingin dapat menyebabkan penurunan level cairan pendingin dan meningkatkan risiko overheating.

    Periksa kondisi coolant atau air radiator apakah masih bersih atau sudah kotor dan terkontaminasi. Jika diperlukan, lakukan penggantian coolant atau air radiator sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Coolant yang kotor atau terkontaminasi dapat mengurangi efisiensi radiator dalam mendinginkan mesin.

  5. Rem dan Kopling
    Sistem rem yang baik adalah kunci untuk menghindari kecelakaan di jalan. Setelah melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan untuk memeriksa keadaan rem mobil Anda. Periksa ketebalan kampas rem dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem. Selain itu, pastikan bahwa pedal rem merespons dengan baik dan tidak terlalu lunak atau terlalu keras.

    Rem yang overheat dapat mengurangi efektivitas pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, setelah mudik, pastikan untuk memeriksa kondisi cakram dan kampas rem serta periksa apakah ada tanda-tanda overheating seperti bau yang tidak biasa atau pedal rem yang terasa panas.

    Selain itu, kopling yang baik juga sangat penting untuk kenyamanan dan kinerja mobil Anda. Setelah perjalanan mudik, periksa kondisi kopling mobil Anda. Pastikan tidak ada tanda-tanda aus atau kerusakan pada pelat kopling, pedal kopling, atau sistem hidrolik kopling jika kendaraan Anda dilengkapi dengan sistem hidrolik.
  6. Lakukan Spooring dan Balancing


    Saat mudik, biasanya banyak berbagai jenis jalan yang dilalui, seperti jalan raya yang lurus, tikungan tajam, atau jalanan yang bergelombang. Semua ini dapat memengaruhi keseimbangan dan stabilitas kendaraan Anda. Dengan melakukan spooring dan balancing, Anda dapat memastikan bahwa roda kendaraan Anda sejajar dan berada dalam posisi yang tepat, serta memastikan distribusi berat yang merata di setiap roda.
    Perawatan Mobil yang Perlu Dilakukan Setelah MudikJika spooring tidak dilakukan dengan benar, itu dapat menyebabkan beban yang tidak merata pada suspensi kendaraan Anda. Akibatnya, bagian-bagian suspensi mungkin mengalami keausan lebih cepat atau bahkan kerusakan. Ketika roda sejajar dan seimbang, kendaraan akan memiliki traksi yang lebih baik, handling yang lebih baik, dan kebutuhan bahan bakar yang lebih efisien. Hal ini akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan efisien.

Kesimpulan

Dalam menjaga keselamatan kendaraan setelah perjalanan mudik, perawatan yang tepat sangatlah penting. Dengan memeriksa setiap komponen secara menyeluruh, mulai dari sistem mesin hingga sistem keseimbangan roda, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda siap untuk digunakan kembali dalam kondisi optimal.

Jaga kendaraan Anda dengan baik, dan kendaraan akan menjaga Anda kembali. Selamat berkendara dan selamat kembali ke rutinitas sehari-hari dengan kendaraan yang handal dan siap untuk petualangan berikutnya!

Facebook
WhatsApp