Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

8 Perbedaan Avanza Dan Xenia, Mana Yang Terbaik?

Perbedaan Avanza Dan Xenia

Masyarakat Indonesia nampaknya harus lebih memahami tentang perbedaan Avanza dan Xenia. Bagi yang masih awam, keduanya kerap dibilang mirip atau sama. Hal ini tidak terlalu mengejutkan karena Avanza dan Xenia masih diproduksi dalam perusahaan yang sama.

Kedua merek kendaraan roda empat ini memang populer dan digunakan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Bahkan ada komunitas tersendiri bernama Avanza Xenia club Indonesia. Komunitas ini mempunyai banyak anggota, yakni sekitar 400 dari berbagai daerah.

Mengetahui perbedaan antara mobil-mobil tersebut dapat membantu Anda ketika hendak membeli atau menyewa. Tentu saja keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Perbedaan antara mobil Xenia dan Avanza akan dijabarkan sebagai berikut.

Mengapa Avanza Dan Xenia Mirip?

Kedua mobil ini berjenis MPV atau kendaraan multi guna. Xenia dan Avanza awalnya dikenalkan ke publik pada tahun 2003. Mobil-mobil ini dibuat di pabrik Daihatsu, sehingga tidak heran bila desainnya nampak mirip.

Meski bisa dibilang satu produksi, sebenarnya perbedaan Avanza dan Xenia ada pada pemasarannya. Avanza diproduksi di bawah nama Toyota Astra. Sedangkan Xenia merupakan keluaran dari anak perusahaannya, yakni Astra Daihatsu.

Belum diketahui alasan mengapa kedua merek tersebut merancang kendaraan yang terlihat kembar. Yang jelas, hingga saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggemari mobil Avanza serta Xenia.

Perbedaan Avanza Dan Xenia

Kemiripan-kemiripan tersebut tidak membuat Avanza dan Xenia memiliki kualitas yang sama. Keduanya sama-sama bagus, namun tetap saja ada fitur-fitur yang tidak dimiliki satu sama lain.

Lantas apa perbedaan mobil Avanza dan Xenia? Bila penasaran, Anda bisa simak 8 perbedaannya di bawah ini: 

1. Desain Eksterior

Perbedaan body Avanza dan Xenia bisa dilihat dari bumpernya. Avanza mempunyai desain jeruji besi yang lebih minimalis. Hal ini membawa kesan bahwa tampilan luar Xenia lebih mewah karena ada tambahan chrome di bagian logo bumper depannya.

Lalu, perbedaan antara Avanza dan Xenia juga terlihat pada bagian belakangnya. Setiap Avanza memiliki aksesoris belakang berupa rear bar. Sedangkan hanya keluaran Daihatsu Xenia saja yang dilengkapi dengan rear bar.

Tipe velg yang digunakan kedua mobil juga berbeda. Avanza memiliki desain velg yang dianggap unggul, terutama untuk tipe Veloz. Begitu pula dengan ukurannya yang satu inci lebih besar dari Xenia.

2. Jumlah HeadRest

Perbedaan Avanza dan Xenia selanjutnya yakni jumlah dari penyangga kepala atau head rest. Pada tipe terbaru, Avanza menyediakan penyangga kepala di setiap kursinya. Total head rest di mobil ini bisa sampai 7 buah.

Di samping itu, beberapa kursi di mobil Xenia tidak memilikinya. Head rest sebenarnya merupakan fitur yang membuat pengendara dan penumpang lebih nyaman. Apalagi bila berkendara dalam jarak jauh.

Dari sisi keselamatan, penyangga kepala juga sama pentingnya seperti penggunaan sabuk pengaman. Fitur ini bisa menghindarkan Anda dari cedera parah bila mengalami kecelakaan.

3. Harga

Perbandingan harga antara Xenia dan Avanza sebenarnya tidak cukup jauh. Akan tetapi, Daihatsu memasarkan varian dengan harga yang lebih beragam. Xenia juga memiliki harga yang cenderung lebih murah.

Untuk variasi paling murah dari mobil Xenia dapat Anda dapatkan di harga Rp 193 juta dengan patokan harga di wilayah Jakarta. Harga paling tinggi dari mobil ini sekitar Rp 225 hingga 236 juta. Variasinya ada 1.5 R Deluxe MT atau AT.

Di samping itu, Toyota Avanza memiliki harga Rp 198 juta untuk variasi termurahnya, yakni 1.3 E MT. Kemudian ada 1.5G MT yang memiliki harga Rp 228 juta untuk jenis termahal. Toyota Avanza hanya memasarkan total 5 variasi saja.

4. Start & Stop Engine Button

Untuk menyalakan dan mematikan mesin mobil dengan mudah, Anda dapat menggunakan Start & Stop Engine Button. Pemakaiannya cukup dengan menekan tombol yang tersedia di mobil di bagian samping kemudi.

Perbedaan Avanza dan Xenia terletak pada keberadaan fitur ini. Pada keluaran terbaru Toyota Avanza sudah memiliki tombol Start & Stop Engine Button.

Sedangkan Daihatsu sendiri belum berniat untuk menambahkan fitur tersebut ke produksinya. Hal ini merupakan salah satu kekurangan dari Xenia. Alhasil, mobil tersebut hanya mengandalkan keberadaan kunci konvensional saja. 

5. Fitur Keselamatan

Mobil Avanza dan Xenia baru dianggap sudah memiliki perlengkapan keamanan yang baik. Keduanya mempunyai ABS atau anti-lock braking system serta Airbags yang dapat muncul dalam keadaan darurat.

Lalu, apa beda Avanza dan Xenia di fitur keselamatannya? Untuk Xenia sendiri memiliki Electronic Brake Distribution. Tujuannya yaitu untuk memaksimalkan penggunaan rem belakang di kondisi tertentu.

Sedangkan untuk Toyota telah melengkapi produksinya dengan seat belt warning bagi pengemudi dan penumpang bagian depan. Anda akan memperoleh peringatan otomatis untuk memasang sabuk pengaman saat berkendara.

6. Jenis

Perbedaan Avanza dan Xenia yang keenam adalah jenisnya. Dari segi pilihan warna Xenia termasuk lebih unggul. Ada total 8 pilihan warna, yakni abu-abu, biru, putih, silver, merah, bronze, hitam, dan merah metalik. 

Untuk pilihan warna dari Avanza hanya 6. Di antaranya ada black metallic, silver, putih, dark red mica, bronze, serta biru tua.

Baik Avanza atau Xenia masing-masing mempunyai tipe berbeda. Untuk Avanza hanya memiliki 4 tipe saja. Sedangkan Daihatsu mengeluarkan banyak pilihan, yakni 21 tipe.

Varian-varian ini dipilah berdasarkan banyak hal, termasuk jenis mesin. Ada tipe yang memiliki kapasitas bensin 1.500 cc dan ada yang hanya 1.300 cc.

7. Kemudahan Berkendara

Jenis transmisi pada kendaraan roda empat ini dapat menentukan tingkat kemudahaan dalam berkendara.  Pada mobil Daihatsu Xenia, terdapat transmisi otomatis dengan 4 percepatan. Fitur ini ada pada Xenia jenis 1.5 R Deluxe.

Sedangkan Avanza hanya memiliki transmisi manual dengan 5 percepatan. Anda harus menjalankannya dengan ganti gigi dan menginjak kopling. Dalam berkendara, hal ini bisa membuat Anda lebih mudah lelah.

Perbedaan Avanza dan Xenia dalam hal kemudahan mengemudi juga bisa ditinjau dari sensor parkir. Keluaran Toyota hanya memiliki sensor parkir belakang saja. Namun, untuk mobil Xenia sudah lengkap dengan sensor depan maupun belakang.

8. Jumlah Power Charger dan Audio

Perbedaan Xenia dan Avanza yang terakhir yaitu audio dan jumlah Power Charger untuk mengisi daya. Mobil keluaran Daihatsu hanya mempunyai 2 unit di baris pengemudi dan baris kedua. Namun, Xenia lebih unggul dengan audio Pioneer dan JVC lebih komplit.

Untuk Avanza sendiri memiliki tiga power charger yang tersedia di setiap baris bangku. Akan tetapi, dari segi audio kebanyakan mobil Toyota hanya mempunyai pemutar MP3 dan CD saja. Anda harus memiliki Avanza Veloz untuk paket audio yang lebih lengkap.

Demikian 8 perbedaan Avanza dan Xenia. Simak baik-baik perbedaan di atas supaya Anda tidak salah pilih saat membeli maupun menyewa. Sebagai rekomendasi tempat persewaan, Anda bisa sewa mobil Xenia dan Avanza di Bali Bija Rental untuk bepergian di area Bali.

Facebook
WhatsApp