Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

7 Perbedaan Mobil Matic Dan Manual, Wajib Tahu!

perbedaan mobil matic dan manual

 

Sebelum membeli atau menyewa, pastikan Anda mengetahui apa bedanya mobil matic dan manual. Ini dikarenakan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu, apa perbedaan mobil matic dan manual? Simak info lengkapnya berikut ini. 

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Selain merek, penting juga untuk memahami jenis mobil. Misalnya saat sewa mobil Mobilio, Anda tidak bisa sembarang memilih akan menggunakan matic atau manual. Terdapat 7 perbedaan mobil matic dan gigi atau manual, di antaranya: 

1. Persneling

Kendaraan manual dan matic memiliki tampilan persneling yang berbeda. Di mobil manual mempunyai enam jenis percepatan, yaitu satu gigi untuk mundur dan lima gigi maju. Kodenya berupa angka 1-6.

Sedangkan dalam mobil matic memakai kode yang berbeda, yakni N, R, P, D dan D1. Terkait kode tersebut, banyak pengguna yang masih bingung dengan perbedaan N dan P mobil matic.

Untuk simbol N dapat diartikan sebagai netral. Tuas persneling di posisi N bisa digunakan ketika mobil dalam keadaan berhenti menunggu lampu merah. Sedangkan posisi P dipakai untuk parkir.

2. Pemakaian

Beda mobil matic dan manual jelas terlihat dari pemakaiannya. Ada 3 pedal di mobil manual, yakni kopling, gas, serta rem. Kopling diinjak oleh kaki kiri, rem dan gas oleh kaki kanan. Tuas kopling dikendalikan oleh kaki kiri.

Di mobil matic atau otomatis hanya memiliki 2 pedal, yaitu gas dan rem. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan kaki kanan saja untuk menginjak keduanya. Tangan kiri Anda juga bebas dan tidak perlu mengatur kopling.

3. Sistem Pengereman

Perbedaan yang ketiga adalah cara mengerem. Mobil manual mengurangi kecepatan dengan rem dan engine brake.

Di samping itu, mobil matic hanya perlu menggunakan rem saja. Meski lebih sederhana, justru kampas rem mobil manual lebih awet dibandingkan matic yang cepat aus. 

4. Kemudahan Berkendara

Dapat dikatakan bahwa mengendarai mobil matic lebih mudah daripada manual. Hal ini dikarenakan tidak ada sistem kopling dalam penggunaan matic.

Maka dari itu, banyak orang menyarankan mobil matic untuk perempuan. Begitu pula untuk pemula disarankan untuk menggunakan mobil matic terlebih dahulu bila masih bingung dengan sistem kopling mobil gigi.

5. Cara Merawat  

Perbedaan perawatan mobil matic dan manual terletak pada biayanya. Mobil otomatis memiliki tingkat kerumitan mesin yang tinggi. Oleh karena itu, manual yang mengalami kerusakan tidak akan menghabiskan biaya sebesar matic saat diservis.  

Selain itu, perbedaan oli mobil matic dan manual juga mempengaruhi biaya perawatannya. Oli pada matic harus lebih sering diganti karena berfungsi sebagai pengatur tekanan fluida perpindahan gigi sekaligus sebagai pelumas.

6. Kenyamanan

Selain mudah, mobil matic juga lebih nyaman dikendarai. Anda tidak perlu menginjak pedal kopling seperti manual. Tangan kiri Anda juga bebas karena tidak perlu mengatur tuas untuk kopling.

7. Penggunaan Bahan Bakar

Yang terakhir yakni perbedaan konsumsi BBM matic dan manual. Memakai mobil manual dapat menghemat pengeluaran Anda. RPM atau rotasi per menitnya tidak sebanyak mobil matic, sehingga konsumsi BBM manual lebih efisien.

Meski begitu, saat ini teknologi sudah semakin canggih. Ada banyak mobil matic yang dirancang untuk lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Itu dia 7 perbedaan mobil matic dan manual. Kedua jenis mobil tersebut mempunyai kekurangan serta kelebihan masing-masing. Jadi, pilihlah jenis mobil yang sesuai dengan Anda.

Facebook
WhatsApp