Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu masalah serius yang dihadapi oleh pengguna jalan. Namun, dengan kemajuan teknologi, industri otomotif terus berinovasi untuk mengembangkan sistem-sistem pencegahan kecelakaan yang canggih. Dari sistem pengereman darurat hingga peringatan pengemudi lelah, berbagai fitur keamanan mengemudi telah dirancang untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan dan melindungi pengemudi serta penumpang. 

Berikut uraian singkat tentang sistem keamanan yang terdapat pada mobil, yang sebaiknya sudah Anda ketahui dan pelajari : 

 

Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

 

1. Pengereman Darurat

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Salah satu fitur keamanan mengemudi yang paling penting adalah sistem pengereman darurat. Sistem ini menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi kendaraan atau objek di depan mobil dan secara otomatis mengaktifkan pengereman darurat jika pengemudi gagal bereaksi tepat waktu. Fitur ini telah terbukti efektif dalam mengurangi kecelakaan lalu lintas dan cedera yang disebabkan oleh tabrakan di bagian depan.

2. Peringatan Tabrakan Depan

Fitur peringatan tabrakan depan bekerja secara serupa dengan sistem pengereman darurat, tetapi bukan secara otomatis mengaktifkan pengereman. Sebaliknya, sistem ini memberikan peringatan kepada pengemudi ketika terdeteksi adanya potensi tabrakan di depan mobil. Hal ini memberikan kesempatan bagi pengemudi untuk bereaksi dan menghindari kecelakaan.

3. Sistem Peringatan Keluar Jalur

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Sistem peringatan keluar jalur dirancang untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi keluar dari jalur mereka tanpa disengaja. Fitur ini menggunakan sensor untuk mendeteksi apakah mobil sedang keluar dari jalur dan memberikan peringatan kepada pengemudi, baik dalam bentuk suara, getaran, atau peringatan visual. Beberapa sistem bahkan mampu mengoreksi jalur secara otomatis untuk mencegah mobil meninggalkan jalurnya.

4. Peringatan Blind Spot

Sistem peringatan blind spot membantu mengurangi risiko kecelakaan saat mengubah jalur dengan memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan di samping atau di belakang mereka yang tidak terlihat dalam cermin samping. Fitur ini sangat berguna saat berpindah jalur di jalan raya atau saat melakukan manuver parkir.

5. Peringatan Pengemudi Lelah

Kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk atau lelah merupakan masalah serius di jalan raya. Untuk mengatasi hal ini, beberapa mobil dilengkapi dengan sistem peringatan pengemudi lelah yang menggunakan sensor untuk memantau gerakan kemudi dan pola berkendara pengemudi. Jika terdeteksi tanda-tanda kelelahan atau kurang konsentrasi, sistem ini memberikan peringatan kepada pengemudi untuk istirahat.

6. Pengurangan Kecepatan Tabrakan Belakang

Sistem pengurangan kecepatan tabrakan belakang dirancang untuk mengurangi dampak tabrakan belakang dengan mengurangi kecepatan mobil secara otomatis sebelum tabrakan terjadi. Sistem ini menggunakan sensor radar atau kamera untuk mendeteksi kendaraan di depannya dan secara otomatis mengurangi kecepatan atau bahkan menghentikan mobil jika diperlukan.

Jangan Lupakan Service Rutin

Ketika berbicara tentang keselamatan berkendara, tidak hanya soal kecanggihan fitur yang sudah disebutkan di atas, tetapi juga kondisi mobil itu sendiri. Service mobil yang teratur dan perawatan yang tepat dapat memainkan peran kunci dalam meminimalkan risiko kecelakaan. 

Apa lagi untuk mobil jenis lama, biasanya kecanggihan sistem pencegah kecelakaan tidak full didapat dalam fitur mobil. Jadi, ada baiknya melakukan service rutin yang mencakup : 

1. Penggantian Oli dan Filter

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Penggantian oli dan filter secara teratur adalah bagian penting dari perawatan mobil yang dapat membantu menjaga kesehatan mesin mobil. Oli yang kotor atau habis dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan keausan pada bagian-bagian mesin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kegagalan mesin atau kebakaran mesin.

2. Pengecekan Ban

Ban yang aus atau bocor dapat menyebabkan kehilangan kontrol atas kendaraan dan menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur memeriksa kondisi ban dan menggantinya jika diperlukan. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara ban dan kedalaman alur ban secara teratur, serta memeriksa apakah ada retakan, benjolan, atau aus pada ban.

3. Pemeriksaan Sistem Pengereman

Sistem pengereman yang berfungsi dengan baik adalah kunci untuk menghindari kecelakaan. Selama layanan mobil, mekanik akan memeriksa komponen-komponen sistem pengereman, termasuk kampas rem, rotor, kaliper, dan selang rem, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

4. Perawatan Sistem Kemudi dan Suspensi

Sistem kemudi dan suspensi yang berfungsi dengan baik adalah penting untuk menjaga kendali atas kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan. Selama layanan mobil, mekanik akan memeriksa komponen-komponen sistem kemudi dan suspensi, termasuk roda, lengan kendali, per kejut, dan per.

5. Pemeliharaan Lampu

Aman Berkendara: Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih

Lampu yang berfungsi dengan baik adalah penting untuk menjaga keamanan berkendara, terutama di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk. Selama layanan mobil, pastikan untuk memeriksa dan mengganti lampu yang mati atau aus, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu belok, dan lampu sein. 

Siap Menggunakan Fitur Pencegah Kecelakaan?

Memanfaatkan Sistem Pencegahan Kecelakaan yang Canggih keamanan pada mobil adalah langkah penting untuk menghindari kecelakaan dan mempertahankan keselamatan di jalan. Namun, penting untuk diingat bahwa sistem-sistem ini bukan pengganti pengemudi yang berpengalaman dan waspada. Tetaplah fokus dan konsentrasi saat mengemudi, dan selalu patuhi aturan lalu lintas untuk menciptakan lingkungan berkendara yang aman bagi semua pengguna jalan.

Facebook
WhatsApp