Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Speedometer Mobil Mati? Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya!

Speedometer Mobil Mati Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Fungsi speedometer pada mobil memberikan informasi kecepatan dan menjadi indikator penting dalam mengemudi yang aman. Bagi pengguna mobil, terutama mobil rental yang sering berganti pengendara, menjaga kondisi speedometer agar selalu berfungsi dengan baik adalah hal yang esensial. Namun, apa yang terjadi jika speedometer mobil mati tiba-tiba?

Artikel ini akan membahas penyebab umum dan cara memperbaiki speedometer mobil yang mati, memberikan solusi praktis bagi Anda yang mungkin menghadapi masalah ini.

Penyebab Speedometer Mobil Mati

Speedometer mobil yang mati bisa disebabkan oleh berbagai masalah, tetapi tiga penyebab utama yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

1. Masalah pada Sistem Elektrik Mobil

Speedometer Mobil Mati Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Sistem elektrik mobil merupakan komponen kunci yang memungkinkan berbagai fungsi, termasuk penerangan dan indikator speedometer. Speedometer beroperasi berkat adanya aliran listrik yang memfasilitasi fungsi komponennya.

Ketika terdapat gangguan pada jalur kabel speedometer yang menghantarkan listrik, ini sering menjadi penyebab utama masalah. Gangguan ini dapat terjadi akibat kabel atau soket yang terputus, sehingga menghentikan aliran listrik.

Pemeriksaan sebaiknya dimulai dari kabel yang terkoneksi dengan speedometer untuk memastikan adanya aliran listrik. Jika terdapat masalah pada aliran listrik, penggantian kabel dengan yang baru menjadi langkah yang dianjurkan.

Masalah kelistrikan seringkali tidak hanya mempengaruhi speedometer, tetapi juga komponen lain, seperti lampu yang menyala redup atau kesulitan saat menstarter mobil.

2. Panel Speedometer Bermasalah

Penyebab lain dari speedometer mobil yang tidak berfungsi adalah kerusakan pada panel speedometer. Jika sistem kelistrikan dalam kondisi baik, pemeriksaan selanjutnya adalah pada panel. Kerusakan pada panel speedometer ini cukup sering terjadi.

Dalam hal ini, kerusakan pada panel speedometer bisa menyebabkan dua masalah: pertama, penunjuk jarum atau angka menjadi kabur, dan kedua, speedometer berhenti berfungsi sama sekali.

Kerusakan bisa terjadi secara mendadak jika terdapat satu panel yang bermasalah, mengakibatkan indikator panel tidak berfungsi dengan baik. Penggunaan scan tool sangat membantu untuk menentukan panel mana yang perlu diganti.

3. Sensor Speedometer yang Tidak Berfungsi

Speedometer Mobil Mati Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Penyebab terakhir adalah masalah pada sensor speedometer. Sensor ini, yang umumnya terletak di bagian transmisi, memiliki peran penting dalam mendeteksi kecepatan kendaraan. Untuk speedometer digital, jenis sensornya biasanya adalah optik dan relatif mudah dirawat.

Namun, sensor yang rusak juga dapat menyebabkan speedometer tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi akibat soket yang longgar atau transduser yang aus, sehingga kecepatan mobil tidak dapat terdeteksi dengan akurat.

Sensor yang rusak ini juga dapat memicu lampu check engine menyala pada mobil injeksi. Sedangkan pada kendaraan dengan sistem rem ABS, sensor ini terpasang di bagian roda. Jika terjadi kerusakan pada rem ABS, sensor speedometer juga bisa terpengaruh.

Dalam kasus ini, periksa bagian rem ABS dan sensor speedometer. Jika terdapat kerusakan, segera bawa ke bengkel resmi untuk perbaikan.

Cara Memperbaiki Speedometer Mobil Mati

Untuk mengatasi masalah speedometer mobil yang mati, langkah-langkah berikut ini dapat diikuti:

1. Memeriksa Fuse (Sekring)

Speedometer Mobil Mati Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Langkah pertama adalah memeriksa fuse yang berkaitan dengan speedometer. Sekring yang rusak atau putus dapat menyebabkan speedometer tidak berfungsi. Mengganti fuse yang rusak dengan yang baru dapat memulihkan fungsi speedometer.

Penting untuk menggunakan fuse dengan spesifikasi yang sama, sesuai dengan yang direkomendasikan untuk model mobil tersebut, karena ukuran dan kapasitasnya bervariasi.

2. Memeriksa Aki Mobil

Aki memiliki peran krusial dalam menyediakan daya untuk sistem kelistrikan mobil. Jika terjadi masalah dengan aki, seperti kekurangan daya atau kerusakan, ini dapat mempengaruhi fungsi speedometer.

Mengecek dan memastikan aki dalam kondisi yang baik, termasuk melakukan pengisian ulang (charge) jika diperlukan, adalah langkah penting. Jika aki tidak mampu menyimpan daya dengan efektif, mungkin perlu diganti dengan yang baru.

3. Melakukan Perawatan pada Speedometer

Speedometer Mobil Mati Ini Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Untuk mencegah kerusakan pada speedometer, perawatan rutin perlu dilakukan. Bagi speedometer digital, penting untuk memeriksa dan memastikan bahwa arus tegangan dari aki sesuai, agar kinerja indikator speedometer tetap optimal.

Sementara itu, untuk speedometer analog, perawatan dapat mencakup pelumasan rutin pada bagian pengaturan gigi. Perawatan preventif ini membantu memastikan bahwa komponen speedometer, yang cenderung tahan lama jika dirawat dengan baik, terus beroperasi dengan efisien.

Mengikuti langkah-langkah ini tidak hanya membantu mengatasi masalah speedometer yang mati tetapi juga mencegah terjadinya kerusakan di masa depan.

Sudahkah Anda Paham Penyebab dan Cara Memperbaiki Speedometer Mobil Mati?

Menghadapi masalah speedometer mobil yang mati bisa menjadi pengalaman yang merepotkan, terutama bagi Anda yang sedang sewa mobil. Dengan memahami penyebab umum dan cara memperbaikinya, diharapkan pengguna mobil dapat mengatasi masalah ini dengan lebih mudah dan efisien.

Facebook
WhatsApp