Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

Penting untuk mengetahui Tips Menghindari Mobil Mogok saat liburan. Liburan merupakan aktivitas menyenangkan bagi semua orang. Jika ada masalah terkendala, tentunya membuat liburan memburuk. Salah satunya adalah kendaraan yang digunakan liburan mengalami masalah. Ketika mobil mogok, sebaiknya segera diperbaiki.

Oleh sebab itu, Bali Bija memiliki beberapa tips menghindari mobil mogok. Dengan demikian, Anda bisa berlibur di Bali dengan nyaman tanpa kendala. Simak penjelasannya di artikel ini!

Penyebab Mobil Mogok

Sebelum mengetahui tips menghindari mobil mogok, Anda perlu mengetahui penyebab mogoknya terlebih dahulu. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan mobil mogok, yakni:

1. Mesin Mengalami Overheat

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

Overheat yang terjadi pada mesin merupakan penyebab paling umum mobil mogok. Masalah ini terjadi karena suhu udara mesin mobil yang terlalu tinggi. Sehingga mengakibatkan efek domino terhadap mesin mobil yang fatal. Bahkan dapat membuat mobil mati mendadak.

Selain suhu mesin tinggi, cuaca panas dan air radiator yang tidak diganti juga menyebabkan overheat. Padahal air radiator berfungsi mendinginkan mesin agar suhunya menurun.

2. Malfungsi Alternator

Alternator atau dinamo ampere, memiliki fungsi sebagai pemasok energi listrik aki. Nantinya alternator akan menyalurkan energi tersebut ke seluruh bagian mobil. 

Jika bagian ini mengalami malfungsi, itu artinya peran utama alternator tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, mobil bisa tiba-tiba mati tanpa adanya peringatan. Sebab distribusi energi listrik yang hilang.

3. Bahan Bakar Tersumbat

Jika filter bensin mobil tersumbat, masalah paling umum yang akan terjadi adalah mogok. Sebab bahan bakar merupakan aspek penting dalam menjalankan mesin mobil. 

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan filter bahan bakar tersumbat. Diantaranya dari pengisian BBM, tangki terkontaminasi, materi padat, dan lain sebagainya.

4. Aki Rusak 

Aki mobil yang kondisinya kurang bagus juga bisa menjadi pemicu mobil mogok. Apalagi aki memiliki pengaruh besar dalam menyalakan mesin mobil.

Agar mesin mobil menyala, maka dibutuhkan aki dengan kondisi bagus. Jika rusak, maka aki tidak akan memproses pengapian awal. Akibatnya, mobil tidak akan menyala.

Tips Menghindari Mobil Mogok

Jika sudah memahami penyebab di atas, Anda bisa lebih memperhatikan mesin mobil. Oleh sebab itu, terapkan beberapa tips menghindari mobil mogok saat liburan di bawah ini:

1. Pastikan Kondisi Aki Bagus

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

Selalu mengecek dan memastikan aki dalam keadaan prima. Sebab aki merupakan energi utama dalam mengaktifkan mesin mobil. Secara umum, masalah aki biasanya terjadi pada kabel yang mudah lepas dari terminal. Selain itu, masa pakai aki yang terlewatkan akan menimbulkan kerusakan kinerja mesin.

2. Perhatikan Karburator

Tips menghindari mobil mogok yang kedua adalah dengan memperhatikan karburator. Apalagi jika mobil Anda masih menggunakan karburator, sebab komponen ini rentan terjadi masalah.

Jika karburator mengalami kendala, maka mesin mobil akan sulit dihidupkan. Bahkan membuat saluran bahan bakar tidak berfungsi dan menghambat proses pembakaran energi.

3. Isi Bahan Bakar Sampai Penuh

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya isi bahan bakar secara penuh terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda tidak akan kehabisan bahan bakar selama perjalanan. Pada intinya, jangan sampai kelupaan untuk mengecek indikator bahan bakar mobil, ya!

4. Cegah Overheat dengan Mengecek Air Radiator

Mesin overheat merupakan penyebab paling parah untuk membuat mobil tiba-tiba mati. Oleh sebab itu, perlu penerapan pencegahan overheat sebagai tips menghindari mobil mogok.

Secara umum, overheat dipengaruhi oleh kurangnya air radiator dalam mesin. Pada dasarnya, air radiator berfungsi mendinginkan suhu mesin agar tidak terlalu panas dan melewati batas.

5. Mengecek Sekring

5 Tips Menghindari Mobil Mogok Saat Liburan di Bali

Ketika mobil tiba-tiba mogok, sebaiknya menepi dan memberi tanda darurat. Setelah itu, cek sekring terlebih dahulu. Periksa apakah ada kendala atau tidak, misalnya seperti sekring yang terputus. 

Anda bisa mengecek bagian plastik bening sekring. Jika kawat masih menyambung, maka sekring dalam kondisi aman dan tidak perlu diganti. Akan tetapi, jika terputus maka segera ganti sekring. Pastikan menggantinya dengan jenis dan kapasitas sekring yang sama.

Jelajahi Bali Bersama Bali Bija

Agar tidak perlu memikirkan tips menghindari mobil di atas, pakailah jasa sewa mobil. Ingin menjelajahi Bali namun tidak mau ribet? Maka Bali Bija solusinya! Bali Bija merupakan perusahaan sewa mobil terbaik di mobil.

Kami memprioritaskan kebutuhan dan keamanan pelanggan dalam berkendara. Sehingga semua mobil sewa dipastikan sudah melakukan servis secara rutin. Ciptakan momen liburan bahagia di Bali dengan mobil impian dari Bali Bija!

Facebook
WhatsApp