Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Air Radiator Mobil: Cara Merawat dan Rekomendasi Mereknya

Air Radiator Mobil: Cara Merawat dan Rekomendasi Mereknya

Merawat Air Radiator Mobil penting Agar mobil tidak mengalami overheat, maka dibutuhkan sistem radiator atau pendingin yang memadai. Alat ini berfungsi mendukung performa suhu mesin mobil tetap stabil. Oleh sebab itu, Bali Bija memiliki cara-cara perawatan air radiator mobil yang benar. Simak penjelasannya di bawah ini!

5 Cara Merawat Air Radiator Mobil

Suhu mesin terlalu panas mengakibatkan overheat pada mobil. Jika dibiarkan saja dapat membuat kerusakan mesin yang parah. Supaya dapat menghindari hal tersebut, Anda perlu memahami cara merawat air radiator mobil berikut ini:

1. Mengecek Volume

Air Radiator Mobil: Cara Merawat dan Rekomendasi Mereknya

Agar dapat berfungsi secara penuh, maka diperlukan cairan memadai di dalam radiator mobil. Dengan air radiator, suhu mesin mobil akan terjaga kestabilannya. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengecek volume air radiator. Tujuannya untuk mencegah habisnya cairan dan membuat mesin overheat.

2. Jangan Melebihi Kapasitas

Beban muatan yang terlalu berat akan menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras dan overheat. Semakin berat beban, maka air radiator mobil harus berusaha keras membuatnya stabil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari kelebihan kapasitas muatan agar lebih awet.

3. Pakai Radiator Coolant

Air Radiator Mobil: Cara Merawat dan Rekomendasi Mereknya

Pada pengisian tangki radiator, jangan menggunakan air yang sembarangan. Alasannya karena jika air tidak sesuai, maka dapat menyebabkan korosi radiator mobil.

Supaya radiator bekerja maksimal, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan radiator coolant. Berfungsi mencegah dan mengatasi masalah kerusakan radiator akibat korosi. 

4. Pastikan Menutup Rapat Tangki Radiator

Tips selanjutnya untuk merawat air radiator mobil adalah dengan memastikan tangki radiator tertutup rapat. Tujuannya agar cairan tangki tidak bocor dan melebar kemana-mana.

Apalagi saat sedang menahan temperatur radiator mobil yang panas. Selain itu, tangki radiator berfungsi sebagai pengontrol tekanan temperatur. Dengan demikian, suhu radiator akan tetap stabil.

5. Pembersihan Rutin

Air Radiator Mobil: Cara Merawat dan Rekomendasi Mereknya

Ketika menggunakan tangki radiator terlalu lama, biasanya dapat memunculkan karat. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu membersihkan radiator untuk menghindari masalah tersebut. Buat jadwal pembersihan rutin, misalnya minimal 1 minggu sekali.

Tidak hanya membersihkan korosi, namun pembersihan tangki radiator secara rutin juga berfungsi memeriksa air. Apakah air di radiator mobil berkurang atau tidak. Sehingga Anda bisa mengetahui volume airnya masih aman.

3 Rekomendasi Merek Air Radiator Mobil

Bagi Anda yang ingin mengganti air radiator mobil, maka cobalah membeli rekomendasi dari Bali Bija. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Wurth

Wurth merupakan merek air radiator asal Jerman. Dengan kemasan warna putih, Wurth memiliki kemampuan mengatasi dan menahan panas pada mesin mobil. Adapun dua jenis cairan, yakni berwarna hijau dan merah. Anda bisa mendapatkan merek ini dengan harga Rp80.000,00/5 liter.

Biasanya 1 unit mobil membutuhkan 5 sampai 7 liter. Bali Bija menyarankan untuk membeli 2 galon Wurth. Jika Anda merasa kebanyakan, sisa cairan bisa disimpan sebagai air cadangan.

2. Prestone

Anda bisa menemukan Prestone di Indonesia, sebab ada distributor resminya yakni PT Laris Chandra. Prestone memiliki kemasan warna kuning dan terkenal dengan performa cairan yang bagus.

Salah satunya adalah dengan menawarkan titik didih mencapai lebih dari 130%. Dengan demikian, mampu menjaga mesin agar tidak overheat. Selain itu, air radiator mobil ini juga mampu mencegah beku cukup baik.

Ketika Anda menggunakannya, Prestone dapat bekerja secara maksimal untuk menjaga kestabilan mesin. Sehingga suhu mesin  mobil tidak cepat panas. Di pasaran harga kemasan 4 liter Prestone dijual sekitar Rp120.000,00. Ada dua warna cairan, yakni merah sedikit bening dan hijau pekat.

3. Bryston

Salah satu merek air radiator mobil yang bagus untuk dicoba adalah Bryston. Perusahaan yang membuat cairan ini berlokasi di Jepang. Sehingga Bryston mengklaim memiliki teknologi yang canggih.

Bryston mampu membuat hembusan AC di mobil lebih sejuk. Hal ini karena suhu mesin yang tetap stabil. Anda bisa membeli merek ini dengan harga Rp40.000,00. Biasanya Bryston menyediakan kemasan warna hitam.

Tidak Mau Ganti Air Radiator? Sewa Mobil Saja!

Jika Anda tidak mau repot dalam mengganti air radiator mobil, maka sewa mobil saja untuk beraktivitas. Apalagi jika memiliki rencana liburan di Bali, saran kami sebaiknya menyewa mobil di Bali Bija.

Bali Bija merupakan jasa sewa mobil terbaik di Bali. Ada banyak paket sewa dengan fasilitas yang bervariasi. Liburan jadi mudah, tidak perlu memikirkan mesin overheat!

Facebook
WhatsApp