Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Mesin overheat pada mobil dapat dialami oleh siapa saja. Ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya adalah kondisi suhu mesin terlalu tinggi. Apalagi jika memaksa perjalanan dalam waktu lama. Oleh sebab itu, diperlukan cara pencegahan yang maksimal. Nah, Bali Bija punya langkah-langkah di bawah ini!

6 Tips untuk Mencegah Mesin Overheat Pada Mobil

Memeriksa dan merawat mesin mobil itu penting agar kendaraan awet. Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah mesin overheat pada mobil:

1. Manfaatkan Sistem Udara Segar

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Penggunaan AC di mobil juga tidak boleh terlewatkan, sebab AC mampu membuat penumpang betah mengemudi. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengubah pengaturan AC ke udara segar setelah 10 menit dinyalakan. 

Tujuannya untuk membantu menyejukkan udara panas yang mengendap pada celah mobil. Nah, jika sudah terasa segar, Anda bisa mengubahnya kembali ke pengaturan AC normal.

2. Menyalakan Ventilasi Lantai

Kebanyakan orang yang berkendara dengan mobil akan menyalakan ventilasi atas. Jika Anda baru pertama kali berkendara, sebaiknya gunakan ventilasi bagian bawah. Fungsinya untuk mendukung sirkulasi udara pada komponen mesin. Sehingga tidak ada udara panas yang tertinggal.

3. Selalu Mengecek Radiator

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Tips paling umum menghindari mesin overheat pada mobil adalah dengan selalu mengecek radiator. Secara umum, radiator rusak menjadi penyebab utama mesin overheat. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi radiator mobil Anda. Jika sudah mencapai 40.000 mile, sebaiknya segera ganti radiator yang baru.

4. Menambahkan Coolant

Radiator coolant adalah jenis cairan dengan formulasi untuk mendinginkan dan menyerap suhu panas di mobil. Dengan demikian, mobil dapat terhindari dari karat dan korosi. 

Ketika musim panas, sangat direkomendasikan untuk menambahkan coolant di cairan radiator. Tujuannya untuk meminimalisir potensi overheat mobil. Apalagi panas matahari merupakan musuh utama overheat, sebab cuaca panas mampu mempengaruhinya.

5. Pilih Oli Mesin yang Sesuai

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Siapa sangka bahwa oli juga bisa menjadi penyebab mesin overheat pada mobil. Alasan utamanya karena penggunaan oli yang tidak sesuai untuk mobil.

Alhasil, performa mesin menjadi kurang optimal. Sebab mesin harus bekerja lebih keras saat dinyalakan dan berakhir overheat. Pastikan memilih oli yang tepat agar mesin tidak memiliki beban berlebihan.

6. Parkir di Tempat Teduh

Anda harus memilih tempat parkir yang tepat, sebaiknya yang lahannya terasa teduh. Dengan demikian, mobil dapat menghindari pancaran sinar matahari secara langsung. Sebab sinar matahari yang mengenai bagian mobil secara langsung dapat memicu mesin overheat. Apalagi jika langsung dikendarai dan suhu masih panas.

5 Cara Mengatasi Mesin Mobil yang Sedang Overheat

Lantas, bagaimana jika mobil sudah terlanjur overheat? Apa yang harus dilakukan? Cobalah melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Menghentikan Mobil

Ketika mesin overheat pada mobil terjadi saat di perjalanan, sebaiknya Anda segera menepi terlebih dahulu. Pastikan menghentikan mobil di tempat teduh, ya!

2. Membuka Kap Mesin

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Jika posisi berhenti mobil sudah nyaman, buka kap mobil untuk mengeluarkan suhu panas dari mesin mobil. Sehingga suhu panas tersebut tidak mengendap di bagian-bagian mobil lainnya.

3. Jangan Buka Radiator Secara Langsung

Mengecek volume air radiator memang aspek penting dalam perawatan mesin overheat. Akan tetapi, hindari membuka langsung radiator setelah kap. Sebab penutup radiator sangat panas dan mampu melukai kulit Anda.

4. Memeriksa Cadangan Cairan

Langkah-Langkah Mencegah dan Mengatasi Mesin Overheat

Setiap radiator mobil harus memiliki cadangan air atau cairan. Ketika mesin overheat pada mobil, Anda bisa memeriksa cadangannya. Jika cadangan berkurang, isilah kembali dengan coolant atau jenis radiator lain yang cepat mendinginkan mesin.

5. Cek Kebocoran

Penyebab terakhir dan kemungkinan sering terjadi adalah kebocoran sistem pendingin. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengeceknya. Mulai dari kepala silinder, blok mesin, dan bagian lainnya.

Sewa Mobil di Bali Bija, Anti Overheat!

Ketika berlibur dan mobil pribadi mengalami overheat, tentunya membuat mood memburuk. Jadi, sebaiknya gunakan sewa mobil saja untuk menghindari masalah ini. 

Ingin liburan ke Bali? Sewa mobil di Bali paling terkenal dan terpercaya? Tentu saja Bali Bija! Kami siap menjamin mobil yang ditawarkan dalam kondisi bagus. Sehingga Anda tidak akan mengalami mesin overheat pada mobil!

Facebook
WhatsApp