Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Pentingnya Belajar Mengemudi untuk Perjalanan Menyenangkan

Pentingnya Belajar Mengemudi untuk Perjalanan Menyenangkan

Mengemudi bukan hanya keahlian, namun bentuk kesadaran dan tanggung jawab keselamatan diri. Tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain. Sudah banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi yang kurang mumpuni. Oleh sebab itu, Bali Bija menyediakan artikel tentang tips belajar mengemudi bagi pemula!

Seberapa Penting Belajar Mengemudi?

Pentingnya Belajar Mengemudi untuk Perjalanan Menyenangkan

Kini memang era mobil modern dengan berbagai fitur canggih. Tentunya fasilitas tersebut memudahkan pengemudi untuk berkendara. Akan tetapi, orang yang mengemudi juga berperan penting dalam perjalanan.

Pada dasarnya, fitur mobil bertujuan meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang. Jadi, keahlian pengemudi dan fitur mobil harus saling bekerja. Jika salah satu tidak berjalan baik, maka kemungkinan terjadi masalah itu nyata.

Sebagai contoh, pengemudi sedang dalam emosi tinggi dan menyebabkannya mengambil keputusan sembarangan di jalan raya. Jika begini manfaat fitur mobil tidak akan berguna.

Oleh sebab itu, belajar mengemudi untuk sangat penting. Sebab kesadaran berkendara berasal dari kedisiplinan pengemudi. Salah satunya dengan menggunakan sabuk pengaman untuk tujuan keamanan, bukan hanya sekedar menghindari polisi.

Ketika pengemudi sudah sadar tentang keamanan berkendara, maka keterampilan mengemudi juga akan meningkat. Namun keterampilan tersebut tidak bisa dilihat dari kelihaian memarkirkan mobil. Apalagi pada lingkungan sulit dan manuver tempat terbatas.

Selain itu, tata krama dan aturan jalan raya juga penting dipahami. Sebagai contoh, aktifkan lampu sein secara otomatis saat akan berbelok atau pindah jalur. Pertimbangkan kondisi kendaraan lain sebelum manuver, ya!

5 Tips Belajar Mengemudi untuk Pemula

Jika Anda masih belajar mengemudi, perhatikan beberapa hal di bawah ini. Adapun tips dari Bali Bija yang bisa Anda terapkan, yakni:

1. Pahami Mobil Terlebih Dahulu

Sebelum mengemudi, sebaiknya pahami jenis mobil dan plus minusnya terlebih dahulu. Ada dua jenis transmisi mobil yang bisa dipilih, yakni manual dan matic. Jenis mobil manual cenderung lebih rumit dari segi komponen dan pengendalian. Sebab dibutuhkan fokus maksimal untuk mengendarainya.

Alasannya karena terdapat pengaturan gigi, pedal rem, dan gas yang tidak otomatis. Akan tetapi, mobil matic juga memiliki kelemahan.Seperti jumlah mobil jarang, biaya perawatan mahal, sulit mengatasi jalan tanjakan, bahan bakar boros, dan lain sebagainya.

2. Cari Pengajar Profesional

Pentingnya Belajar Mengemudi untuk Perjalanan Menyenangkan

Agar belajar mengemudi mobil berjalan benar, pastikan untuk mencari pengajar profesional. Tujuannya untuk membuat Anda tidak grogi ketika mengalami hal-hal tertentu saat pembelajaran.

Selain itu, pengajar profesional juga cenderung memahami cara tepat untuk mengajari pemula. Dengan demikian, anak didik tidak gugup saat mengendarai mobil. Anda bisa memilih pengajar mobil profesional di tempat kursus menyetir terdekat. 

3. Belajar Mobil Manual

Adapun saran dari kami, sebaiknya gunakan mobil manual terlebih dahulu saat belajar menyetir. Meskipun tampilan mobil matic memang lebih menarik, namun pengemudi ini cenderung kesulitan dalam melakukan transmisi menyetir manual. Sehingga sangat disarankan untuk mempelajari mobil manual bagi pemula.

4. Mengatur Posisi Supaya Nyaman

Pentingnya Belajar Mengemudi untuk Perjalanan Menyenangkan

Pastikan untuk memeriksa kondisi kaca spion dan tempat duduk di dalam mobil. Jangan malah langsung menyalakan mobil, nanti Anda bisa merasa kurang nyaman. Alhasil, mengemudinya menjadi gugup dan tidak fokus.

Sebagai pemula, maka wajib menerapkan tips ini. Anda harus memastikan punggung menyandar dengan posisi tepat. Dengan demikian, tubuh tidak cepat pegal. Selain itu, pastikan juga bahwa posisi duduk membuat kondisi sekitar mobil terlihat jelas. Posisi duduk ideal adalah setengah dari ketinggian kaca depan mobil.

5. Menyetir Perlahan

Bagi pemula sangat penting untuk belajar mengemudi secara perlahan. Sebab dapat membantu fokus dan tenang saat berkendara. Jadi, perhatikan dan ingat bahwa jalan tidak hanya untuk Anda pribadi. Semua masyarakat memiliki hak merasa nyaman di jalan raya. 

Pastikan untuk tidak melaju dengan cepat, apalagi jika Anda belum mahir menyetir. Kemungkinan besar kendali akan menghilang saat berkecepatan tinggi. Lebih baik melaju sesuai kecepatan rambu lalu lintas.

Bali Bija: Sewa Mobil di Bali untuk Kenyaman Mengemudi

Jika Anda belum selesai belajar mengemudi mobil, namun ingin liburan ke Bali. Maka ajaklah Bali Bija sebagai sewa mobil terbaik di Bali. Ada paket supir khusus Anda yang masih takut menyetir sendiri! Dapatkan diskon dan penawaran menarik untuk liburan menyenangkan!

Facebook
WhatsApp