Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Pulang Kampung: Checklist Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Pulang Kampung: Checklist Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Tidak terasa Ramadhan sudah akan berlalu beberapa minggu lagi. Euforia Lebaran pun semakin terasa. Salah satu yang tidak terpisahkan saat Lebaran adalah mudik ke kampung halaman. Biasanya, sudah banyak orang-orang yang mudik H-5 sebelum hari raya tiba. Kali ini, saya akan coba ulas tentang tips mudik aman menggunakan kendaraan pribadi.

Belum lama ini pemerintah telah mengumumkan musim libur Lebaran dan cuti bersama. Pemberitaan ini menjadi kabar baik bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Tak hanya masyarakat, sejumlah instansi terkait pun sibuk menyiapkan sarana dan prasarana penunjang bagi pemudik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan sejak beberapa bulan lalu, diperkirakan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang digunakan oleh pemudik pada musim mudik Lebaran tahun ini.

Pengecekan Tiga Hal Dasar Pada Mobil

Pulang Kampung: Checklist Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Ada tiga hal dasar yang benar-benar harus diperhatikan. Hal pertama yang harus di cek adalah air radiator. Permasalahan yang sering muncul dan menjadi kendala di perjalanan mudik adalah kendaraan mogok karena overheat. Hal ini tidak jarang disebabkan oleh kelalaian pemilik kendaraan untuk melakukan pengecekan pada komponen air radiator. 

Pasalnya, jika air radiator alami kekurangan level air maka bisa memicu terjadinya overheat dan membuat mesin mobil macet total. Saya dulu pernah mengalami ini tahun lalu, makanya sekarang sangat waspada dengan pengecekan air radiator.

Pengecekan ini bisa dilakukan mandiri dengan membuka tutup radiator dan melihat volume airnya.  Kalau masih cukup dan sesuai dengan level normal, maka tidak perlu menambahkan air. Namun, jika air sudah keruh, sebaiknya lakukan pergantian. 

Hal kedua yang mendasar adalah pengecekan oli mesin. Cek volumenya, kemampuan pelumasan oli akan berkurang saat volume oli berada di bawah batas aman serta saat kualitas oli sudah menurun yang ditandai dengan perubahan warna oli. Jika oli mesin kendaraan sudah menunjukkan keenceran, sebaiknya melakukan pergantian oli.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan pengecekan pada komponen filter oli. Kalau sudah tidak layak pakai, maka diganti dengan komponen baru agar kinerjanya menjadi lebih maksimal. 

Hal ketiga yang krusial untuk diperiksa adalah ban mobil. Cara mengecek area ban yang paling mudah adalah dengan memperhatikan bagian tapak permukaan ban. Kalau sudah terlihat halus atau botak maka saatnya mengganti dengan ban yang baru. Sebab, ban yang sudah halus akan berkurang daya cengkramnya pada aspal. Bisa saja menjadi penyebab terjadinya selip jika melintasi medan yang licin.

Tapi jangan lupa juga, cek tekanan angin ban kendaraan. Penambahan angin bisa dilakukan dengan nitrogen untuk hasil yang lebih maksimal. Setiap ban memiliki kapasitas ukuran tekanan angin yang berbeda-beda, pastikan mengisi angin sesuai spesifikasi kebutuhannya.

Ingat Batas Penumpang 

Pulang Kampung: Checklist Perawatan Mobil untuk Mudik Lebaran

Menjaga batas penumpang dan barang bawaan pada mobil merupakan hal yang sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Pertama-tama, mematuhi kapasitas maksimum penumpang yang ditentukan oleh pabrikan sangatlah krusial.

Overload penumpang dapat mengganggu distribusi berat kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam manuver dan pengereman. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi kinerja suspensi dan sistem pengereman kendaraan, sehingga mengurangi kemampuan pengemudi untuk mengendalikan mobil dengan baik.

Mengatur barang bawaan dengan baik juga merupakan faktor penting dalam menjaga keselamatan di jalan. Barang-barang yang tidak diikat dengan baik atau diletakkan secara sembarangan di dalam mobil dapat menjadi sumber gangguan bagi pengemudi atau penumpang lainnya saat mobil bergerak.

Bahkan, dalam kasus kecelakaan, barang-barang yang tidak terikat dengan baik dapat menjadi proyektil yang berbahaya bagi penumpang di dalam mobil. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan barang bawaan di bagasi mobil atau menggunakan sistem pengikat yang aman seperti tali pengaman atau net pengaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain menjaga keselamatan, menjaga batas penumpang dan barang bawaan juga dapat meningkatkan kenyamanan selama perjalanan. Dengan memberikan cukup ruang bagi setiap penumpang dan menyimpan barang bawaan dengan rapi, dapat tercipta lingkungan perjalanan yang lebih nyaman dan bebas stres.

Penumpang akan merasa lebih nyaman dengan memiliki cukup ruang untuk duduk dan bergerak di dalam mobil, sementara pengemudi akan memiliki visibilitas yang lebih baik tanpa gangguan dari barang-barang yang terlalu banyak. 

Kesimpulan

Pada akhirnya, menurut saya checklist perawatan kendaraan untuk mudik Lebaran menjadi langkah penting yang tidak boleh diabaikan. Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal sebelum berangkat, saya tidak hanya melindungi diri sendiri dan keluarga, tetapi juga mengurangi risiko terjadinya masalah di jalan.

Selain itu, memperhatikan perawatan kendaraan juga menunjukkan tanggung jawab pemilik kendaraan. Dengan demikian, mari kita bersiap-siap dengan baik dan jalani perjalanan pulang kampung dengan aman, nyaman, dan penuh berkah. Selamat mudik Lebaran!

Facebook
WhatsApp