Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Destinasi Wisata Air Terjun Dusun Kuning yang Masih Asri

air terjun dusun kuning

air terjun dusun kuning

 

Bagi seseorang yang ingin pergi ke Air Terjun Dusun Kuning, biasanya salah satu informasi dibutuhkan adalah bagaimana cara menuju lokasinya. Dari sekian banyaknya destinasi wisata di Bali, air terjun merupakan salah satu yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Tidak heran karena Bali mempunyai banyak wisata air terjun sangat indah dan masih sangat asri, salah satunya Dusun Kuning. Destinasi ini mungkin tidak sepopuler lainnya karena lokasinya terpencil dan tersembunyi.

Walaupun demikian, bagi pencinta alam akan sangat disayangkan bila melewatkan kesempatan berkunjung ke tempat wisata satu ini. Bila kamu tertarik dengan destinasi ini, pahami berbagai informasi yang relevan dan mendukung perjalanan nantinya berikut.

 

Alamat dan Fasilitas yang Tersedia di Dusun Kuning Air Terjun

Destinasi ini beralamatkan di Dusun Kuning, tepatnya berada di daerah kabupaten Bangli. Daerah ini populer dengan cuaca alamnya yang sejuk. Mengenai fasilitas yang bisa ditemukan oleh wisatawan di tempat ini cukup memadai.

Kawasan wisata Air Terjun Dusun Kuning menyediakan fasilitas kamar mandi dan area untuk istirahat. Fasilitas lainnya ada warung makan dengan harga cukup terjangkau dan area parkir untuk kendaraan.

Harga tiket masuknya per orang sekitar 10.000. Terkait harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kebijakan berlaku. Tapi memang masih perlu dikelola dengan baik supaya kondisi tempat wisata satu ini tampak lebih terawat.

 

Daya Tarik Air Terjun Dusun Kuning yang Membuat Wisatawan Tertarik Berkunjung

Bila membahas tentang daya tarik sebuah tempat wisata, ada kemungkinan berbeda antara individu satu dengan lainnya. Sama halnya dengan destinasi lain, Dusun Kuning Air Terjun juga memiliki daya tarik yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung, diantaranya:

  1. Tidak Ramai Pengunjung

Daya tarik pertama yang biasanya dicari oleh sebagian wisatawan yaitu tidak ramai pengunjung. Selain karena tersembunyi, destinasi ini juga memiliki akses cukup ekstrem dan menghabiskan banyak tenaga.

Hal demikian yang biasanya dicari oleh pencinta alam. Karena Air Terjun Dusun Kuning tidak ramai pengunjung, keasrian alamnya masih terjaga. Akan lebih menenangkan tentunya bila menikmati pemandangan alam yang indah saat sepi disertai gemercik air.

  1. Keindahannya Masih Sangat Asri

Daya tarik berikutnya yaitu memiliki keindahan panorama pemandangan alam yang masih sangat asri. Walaupun akses menuju lokasinya cukup menyulitkan, semua akan terbayarkan ketika sudah sampai tujuan.

Bukan hanya sangat asri saja, ketika tiba di tempat tujuan, wisatawan akan menemui beberapa kera bergelantungan dipohon, bermain bertengkar dan bercanda. Para pengunjung bisa memberikan makan kera tersebut.

  1. Jalan Menuju Lokasi Menantang

Daya tarik terakhir, jalan menuju lokasi wisata terbilang menantang. Mungkin hal inilah yang membuatnya jarang dikunjungi. Bahkan tampak tidak pernah dikunjungi oleh para wisatawan.

Tingkat kemiringan jalan menuju Air Terjun Dusun Kuning menurun dan mencapai 80 derajat. Jenis jalanan seperti ini cocok bagi kamu yang gemar dengan destinasi petualangan.

Untuk menuju lokasi, membutuhkan kisaran jarak 500 meter dengan berjalan kaki. Keadaan jalanannya masih dalam bentuk tanah. Jadi, bila terkena air hujan akan berubah menjadi sangat licin.

Selama berjalan menurun, tidak jarang wisatawan menemukan bebatuan yang penting diwaspadai supaya terhindar dari kecelakaan. Bisa dikatakan bahwa jalan setapak yang harus dilalui memicu adrenalin. Bahkan dibeberapa titik area posisinya tampak miring.

 

Berbagai Kegiatan Bisa Dilakukan Ketika Berkunjung di Dusun Kuning Air Terjun

Tidak hanya sekadar menikmati keindahan pemandangan yang sangat asri, ketika mengunjungi Air Terjun Dusun Kuning kamu bisa melakukan berbagai kegiatan. Inilah beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Bermain Air

Air terjun satu ini jernih dan menyegarkan karena berasal dari sumber mata air pegunungan. Tidak sedikit pengunjung yang akhirnya tertarik untuk mandi dan berendam.

Aktivitas seperti ini mampu menghilangkan penat setelah melakukan perjalanan menantang menuju lokasi. Akan memberikan sensasi berbeda tentunya mandi di bawah air terjun ditemani dengan keindahan pemandangan alam menyejukkan.

Bila tujuan utama ke tempat ini untuk bermain air dan mandi, jangan sampai lupa membawa baju ganti. Kedalaman kolam air terjun ini mencapai 3 meter. Karena cukup dalam, sebaiknya pastikan bisa berenang atau membawa alat renang.

  1. Berfoto

Panorama Air Terjun Dusun Kuning yang indah sayang dilewatkan bila tidak diabadikan momennya dengan berfoto. Spot foto pemandangan alam asri akan menghasilkan tampilan gambar menarik.

Bahkan ada beberapa wisatawan sengaja membawa perlengkapan kamera untuk sekalian hunting foto. Salah satu konsep foto yang banyak dilakukan pengunjung adalah berpijak atau duduk diatas batu dengan latar belakang air terjun mengalir.

Ada juga yang ingin diabadikan momennya saat berenang atau berendam di kolam air terjun ini. Sebenarnya mengambil gambar tidak harus menggunakan kamera digital. Mengabadikan momen memakai ponsel juga tidak kalah berkualitas hasilnya.

  1. Melakukan Touring

Kegiatan menarik terakhir yaitu melakukan touring ke tempat ini bersama teman-teman. Alternatif touring menuju kawasan satu ini bisa menjadi salah satu opsi mencari suasana alam baru dibandingkan hanya berkegiatan di area perkotaan saja.

Merupakan aktivitas yang bisa menyehatkan tubuh dan membuat pikiran lebih fresh saat menikmati pemandangan sejuk serta asri dari destinasi wisata ini. Touring dengan konsep berbeda seperti ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan diri.

 

Inilah Cara Mudah Menuju Lokasi Air Terjun Dusun Kuning

Sebelumnya sudah sedikit dibahas bahwa tempat wisata satu ini berlokasi di Dusun Kuning, sesuai dengan namanya. Rute menuju lokasi destinasi bermacam-macam, menyesuaikan dengan titik keberangkatannya dari wilayah mana.

Bila titik keberangkatannya dari kota Denpasar, bisa melanjutkan perjalanan menuju jalan Sukawati atau lewat jalur by pass Ida Bagus Mantra. Sesudah sampai di Taman Bali dengan jarak dari Bangli sekitar 3 km, kamu akan menemukan simpang tiga.

Setelah menemukannya, pilih jalur belok menuju arah kanan. Belum sampai di Air Terjun Dusun Kuning, kamu masih akan menemukan pertigaan lagi. Terkait pertigaan dimaksud dekat dengan pabrik bernama Non Min.

Lanjutkan dengan memilih belok kanan hingga mentok ada pemukiman penduduk. Dari kawasan tersebut bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk menuju lokasi tujuan lewat jalan setapak.

Ketika menyusuri jalan setapak, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kebun cengkeh. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya bahwa jalan kaki yang diperlukan sekitar 500 m dengan akses cukup menantang.

Terdapat berbagai macam transportasi yang bisa dipakai menuju Air Terjun Dusun Kuning. Bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Bisa menyewa kendaraan sekaligus layanan supir atau sewa mandiri dengan durasi sesuai kesepakatan.

Sebagai catatan tambahan, sebaiknya pertimbangkan ulang ketika ingin mengunjungi tempat ini saat musim hujan. Sebab, jalanan licin berpotensi membuat tergelincir. Ditambah lagi jalanannya tidak semulus destinasi wisata lainnya.

Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi tapi ingin mengunjungi tempat wisata satu ini bersama teman-teman atau keluarga, bisa melakukan sewa mobil Bali. Asalkan selektif dalam memilih, jasa sewa berharga terjangkau dengan layanan terbaik bisa diperoleh.

Sekarang ini sudah semakin marak jasa sewa mobil yang memudahkan bagi para wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata indah di Bali. Termasuk salah satunya adalah Air Terjun Dusun Kuning.

Facebook
WhatsApp