Jl. Graha Parta Lestari no. 8, Padangsambian Klod, Denpasar Barat. Bali

FOR CAR RENTAL :

(0361) 9091 737

MENU

Werdhi Budaya Art Centre, Pusat Seni dan Budaya Bali Gratis

werdhi budaya art centre

werdhi budaya art centre

 

Werdhi Budaya Art Centre atau Art Center Bali ialah salah satu tempat wisata favorit di Pulau Dewata. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan sebab terkenal sebagai pusat pertunjukan seni dan budaya. Lokasinya sendiri begitu strategis jadi mudah dijangkau.

Kalau kamu sedang berlibur ke Bali, luangkan waktu untuk datang ke tempat wisata tersebut. Lokasinya ada di Jalan Nusa Indah No. 1 Denpasar Timur. Kamu bisa menikmati pertunjukan kesenian di sana.

Akan tetapi, pertunjukan keseniannya tidak dilangsungkan setiap hari sepanjang tahun. Melainkan di waktu khusus, yakni pada bulan Juni dan Juli. Supaya lebih tahu informasi lengkapnya, mari menyimak artikel ini.

 

Sejarah Berdirinya Werdhi Budaya Art Centre

Sudahkah kamu tahu jika di bulan Juni dan Juli selalu ada pesta kesenian di Pulau Dewata? Dalam pesta kesenian tersebut, senantiasa ada pertunjukan kesenian yang menarik untuk ditonton.

Taman Werdhi Budaya Art Centre Bali adalah tempat di mana pestanya berlangsung. Namun, jangan lupa jika penyelenggaraan pestanya hanya berlangsung di bulan Juni dan Juli.

Pendirian taman tersebut melibatkan peran penting dari Ida Bagus Mantra, yakni seorang putra asli daerah Bali. Beliau juga pernah menjabat sebagai Gubernur Bali.

Ida Bagus Mantra ialah seorang putra pribumi yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap budaya, seni dan adat khas Bali. Beliau ini ikut melestarikan budaya, seni maupun adat khas Bali seperti melalui peran dalam pengembangan budaya Bali.

Lantas, apa peran yang terlihat dari Ida Bagus Mantra dalam pendirian Werdhi Budaya Art Centre? Beliau ini menyumbangkan tanahnya kira-kira 5 hektar untuk pendirian bangunan tersebut.

Harapannya ialah generasi muda masa kini mampu memelihara sekaligus mempertahankan seni, adat maupun budaya khas Bali. Sehingga menjadi jati diri yang mampu beradaptasi dengan budaya luar maupun budaya asing di mana bisa masuk ke Indonesia.

Karena jasa besar dari Ida Bagus Mantra, pelestarian seni, budaya dan pariwisata Bali bisa semakin maju. Bahkan, karena besarnya jasa beliau, namanya dijadikan nama jalan di bypass terpanjang di Pulau Dewata.

Jalan bypass tersebut menjadi penghubung antara Denpasar dengan perbatasan kabupaten Klungkung. Jadi, bukankah cukup menarik menyimak sejarah berdirinya tempat wisata tersebut?

 

Pusat Kesenian dan Budaya Gratis

Ketika membahas tempat wisata, biasanya langsung terpikirkan mengenai harga tiket masuknya. Namun, kamu tidak perlu memikirkannya ketika pergi ke Werdhi Budaya Art Centre.

Karena, tempat wisata tersebut merupakan pusat kesenian dan budaya yang menyediakan pertunjukan gratis. Kamu tidak perlu membayar sama sekali untuk menyaksikan pertunjukannya selama berlibur di sana. 

Ada banyak sekali pertunjukannya seperti tarian Bali yang begitu elok dan menawan. Ada pula pertunjukan gamelan dan pentas show pakaian khas setiap kabupaten yang begitu beragam serta unik.

Kemudian masih ada pertunjukan kesenian wayang, pentas sendratari, kesenian kreasi baru, bondres, joget sampai geguntangan. Selain menjadi hiburan, menyaksikan pertunjukannya juga akan menambah wawasan terkait kebudayaan di Indonesia.

Karena biayanya gratis, tentu rasanya akan berbeda. Coba bandingkan saja ketika kamu menonton pertunjukan barong dan kecak di Pura Uluwatu. Kamu harus menyediakan dana untuk membayar di sana.

Jadi, kalau berkunjung ke Bali jangan sampai melewatkan Werdhi Budaya Art Centre. Jangan sampai melewatkan keindahan dan keeksotisan pertunjukan seni dan budaya yang bisa dinikmati secara gratis.

Namun, meskipun gratis bukan berarti kamu bisa datang tanpa membawa uang sama sekali. Siapkan dana untuk membayar parkir yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat setempat. Jadi, perlu membayar parkir untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Selain menikmati pertunjukannya, jangan melewatkan pemandangan di sana. Terdapat deretan patung sampai keindahan bangunan yang dibalut budaya Bali. Semuanya tampak menawan jadi jangan sampai tidak menikmati keindahannya.

 

Pesta Kesenian Bali (PKB) di Werdhi Budaya Art Centre

Bali menyediakan banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika ingin melihat kesenian seperti seni tari, adat istiadat, seni lukis, seni patung dan lain sebagainya. Biasanya wisatawan mengenal satu tempat untuk pagelaran satu jenis kesenian.

Misalnya saja Pura Uluwatu yang menawarkan pertunjukan seni tari Kecak. Kemudian ada Puri Ubud yang menawarkan Tari Legong Ramayana Ballet. Jadi, satu tempat terkenal akan satu jenis pertunjukan seni.

Namun, sebenarnya kalau ingin melihat banyak pertunjukan cukup dalam satu tempat, bisa mengunjungi Werdhi Budaya Art Centre. Jadi, kalau misalnya kamu ingin menikmati beragam pertunjukan seni, datang saja ke tempat ini.

Silahkan datang ketika Pesta Kesenian Bali berlangsung, yakni saat pertengahan tahun. Art Center Bali sendiri dibangun untuk menampung pagelaran pementasan seni dan pengembangan bakat masyarakat Bali.

Acara rutin Pesta Kesenian Bali (PKB) akan dimeriahkan oleh semua perwakilan daerah Kabupaten di Bali. Jadi, akan ditampilkan parade seni dan budaya yang mempunyai ciri khas tersendiri dari setiap kabupatennya.

Contohnya saja pertunjukan gamelan, kesenian wayang, pentas sendratari dan lainnya seperti sudah disinggung di atas. PKB sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1979. Untuk acara seremonial pembukaannya dilangsungkan di depan Monumen Bajra Sandhi Renon.

Sebab begitu populernya acara PKB yang diadakan setiap tahun ini, acara dibuka oleh Presiden RI atau pejabat setingkat menteri. Pembukaan PKB juga turut mengundang partisipasi negeri sahabat misalnya saja Jepang, Korea sampai Tiongkok.

Karena populernya pertunjukan seni di Werdhi Budaya Art Centre, tentu sangat disayangkan jika sampai dilewatkan. Jadi, kalau ingin berlibur ke Bali, agendakan saja waktunya ketika pertengahan tahun di bulan Juni atau Juli supaya bisa melihat PKB. 

 

Fasilitas dan Lokasi Art Center Bali

Setelah mengenali sejarah hingga pesona Pesta Kesenian Bali di Art Center Bali, mari mengenali fasilitas di dalamnya. Mari cari tahu juga lokasinya supaya bisa menikmati liburan di tempat wisata tersebut.

1.      Fasilitas

Werdhi Budaya Art Centre menyediakan banyak area untuk menonton pertunjukan seni dan budaya, mulai dari panggung terbuka sampai panggung tertutup. Selain panggung, ada pula galeri indoor di mana menunjukkan berbagai kerajinan seni.

Misalnya saja kerajinan kain tenun, perhiasan, patung hingga lukisan. Ketika datang pada event PKB, ada pula pasar malam. Pasar malamnya bukan hanya ada di dalam Art Center Bali, namun di area luar.

Kamu juga bisa menikmati area taman dan kebun yang tertata rapi di Art Center Bali. Pohon-pohon besar di sana juga bisa meneduhkan pandangan ketika berlibur.

2.      Lokasi

Lokasi Art Center Bali ada di tengah-tengah Kota Denpasar. Tepatnya di Jalan Nusa Indah No. 1 Denpasar Timur. Kamu bisa mengandalkan aplikasi seperti Google Maps untuk sampai di sana.

Supaya lebih mudah mencapai lokasinya, datang saja dengan mengendarai mobil. Kamu juga bisa sewa mobil Bali supaya bisa memuat lebih banyak orang. Kamu juga bisa mengambil fasilitas sopir jika tidak ingin menyetir.

Jadi, kalau kamu ingin menikmati pagelaran pesta kesenian Bali, agendakan liburan ketika bulan Juni atau Juli saat ada event PKB. Lalu saksikan pertunjukannya di Art Center Bali secara gratis dengan menyewa mobil supaya lebih praktis.

Tidak perlu pergi ke berbagai tempat untuk menikmati pertunjukan seni dan budaya. Cukup datang ke satu tempat bernama Werdhi Budaya Art Centre yang gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

Facebook
WhatsApp